Adriano Moraes, Juara Dunia MMA dengan Kisah Masa Kecil yang Kelam

31 Juli 2022, 20:45 WIB
Penulis: Arin Nabila
Editor: Lily Indriyani
Ekspresi Adriano Moraes setelah berhasil pertahankan gelar juara dunia ONE Flyweight.
Ekspresi Adriano Moraes setelah berhasil pertahankan gelar juara dunia ONE Flyweight. /dok.ONE Championship

  • Sebelum menjadi petarung MMA kelas dunia, Adriano Moraes melewati masa kecil yang penuh kegelapan.
  • Saat masih remaja, Adriano Moraes kerap menghabiskan waktu di jalanan hingga terlibat dalam kehidupan gangster.
  • Hidupnya mulai menemui titik terang ketika memutuskan berlatih Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ).

SKOR.id - Kisah pilu mewarnai masa kecil Adriano Moraes. Sebelum jadi petarung MMA kelas dunia, dirinya melewati masa kecil yang penuh perjuangan.

Adriano Moraes lahir di Brasilia, Brasil, April 1998. Alih-alih mendapatkan kasih sayang dari keluarga, dia justru ditelantarkan di jalanan oleh ibu kandungnya. 

Bahkan, hingga kini, petarung yang kini berusia 33 tahun tersebut tidak pernah tahu siapa wanita yang telah melahirkannya ke dunia. 

Beruntung, Adriano Moraes kecil dibawa ke panti asuhan. Saat usianya 3 tahun, dia diadopsi oleh Mirtes Moraes, yang dipanggilnya dengan sebutan ibu.

"Ibu berarti segalanya bagi saya," kata Adriano Moraes, mengenang kehidupannya yang kelam seperti dikisahkan dalam rilis ONE Championship.

"Dia adalah idola. Saya akan melakukan segalanya dan akan terus melakukan yang terbaik untuknya karena ini adalah cinta," dia menambahkan.

Saat remaja, Adriano Moraes tumbuh jadi anak ceria yang penuh energi. Mirtes pun mendaftarkannya ke berbagai aktivitas seperti capoeira, judo, dan renang.

Hanya, dirinya belum bisa sepenuhnya lepas dari dunia jalanan. Petarung berjulukan Mikinho ini terlibat dalam kehidupan gangster dan perkelahian.

Menariknya, kekalahan dalam perkelahian jalanan membawa Adriano Moraes pada sebuah keputusan untuk berlatih Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ).

 

Dunia baru pun terbentang di hadapan Adriano Moraes yang membuatnya mantap meninggalkan kehidupan jalanan dan fokus berlatih di Constrictor Team. 

Sebagai informasi, Constrictor Team merupakan sasana ternama yang berada di bawah bimbingan Erick Medeiros dan Ataide Junior.

Adriano Moraes kecil saat baru mengenal Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ).
Adriano Moraes kecil saat baru mengenal Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ). ONE Championship

Adriano Moraes lantas mendedikasikan diri ke dalam salah satu disiplin olahraga bela diri tersebut dan meraih berbagai gelar, beberapa tahun kemudian.

Puncaknya, menjuarai NAGA No-Gi Pro Division pada 2014 di Amerika Latin. Setahun kemudian, dirinya menerima sabuk hitam BJJ, tingkatan tertinggi olahraga ini.

Setelah meraih kesuksesan dalam disiplin yang disebut the gentle art itu, Adriano Moraes meneruskan jejak rekan-rekannya dengan mencoba arena MMA.

Sukses di MMA

Melakoni debut profesional MMA pada 2011, Adriano Moraes memenangi 12 dari 13 total laga dan merebut gelar juara di Brasil, tiga tahun kemudian.

Puncak kariernya terjadi saat mengalahkan Geje Eustaquio pada September 2014, sekaligus membuatnya merebut gelar Juara Dunia ONE Flyweight perdana.

"Seni bela diri mengubah kehidupan saya jadi lebih baik, mengubah pemikiran dan segalanya dalam hidup saya. Ini menjadi sangat penting," katanya.

"Inilah usaha saya, inilah gaya hidup saya, inilah pekerjaan saya. Seni bela diri adalah segalanya. Saya mencintai apa yang saya lakukan (sejauh ini)."

Juara Dunia ONE Flyweight Adriano Moraes.
Juara Dunia ONE Flyweight Adriano Moraes. ONE Championship

Setelah mempertahankan gelar pada Maret 2015, Mikinho kehilangan sabuk karena direbut Kairat Akhmetov, petarung asal Kazakhstan yang kala itu tak terkalahkan.

Kekalahan itu sempat membuat Adriano Moraes, terpuruk. Dia bahkan merasa mimpinya kandas sebelum akhirnya bergabung ke American Top Team.  

Awal 2016, dia memutuskan pindah dari Brasil ke Florida. Dengan suasana dan staf pelatih baru, dia mampu bangkit yang ditandai kemenangan atas Eugene Toquero.

Adriano Moraes kembali menang, kali ini atas Tilek Batyrov dengan submission rear-naked choke. Hasil itu membawanya pada gelar Juara Dunia Interim ONE Flyweight.

Sayang, upayanya untuk membalaskan dendam kepada Kairat Akhmetov, tak mulus karena rival utamanya cedera dan tak dapat berlaga selama dua tahun.

Kedua petarung itu akhirnya bertemu dalam laga penyatuan gelar. Tepatnya pada Agustus 2017, dalam ONE: KINGS & CONQUERORS di Makau.

Malam itu, Adriano Moraes menampilkan pertahanan takedown yang solid, grappling dan teknik striking kelas dunia yang lebih tajam dan bervariasi dari Akhmetov.

Pria yang dulu terkatung-katung di jalan itu pun merebut kembali gelar Juara Dunia ONE Flyweight, sekaligus memutus rekor 23 laga tak terkalahkan sang lawan.

"Kisah hidup saya akan memperlihatkan dan mengajarkan tiap remaja bahwa saat mereka tak tahu apa yang harus mereka lakukan ketika impian mereka hilang, Tuhan memiliki jalan bagi kalian. Tuhan memiliki kesempatan lain," ujarnya.

Adriano Moraes (kanan) menekan Demetrious Johnson di atas kanvas dalam ajang 'ONE on TNT I' tahun 2021 silam.
Adriano Moraes (kanan) menekan Demetrious Johnson di atas kanvas dalam ajang 'ONE on TNT I' tahun 2021 silam. ONE Championship

Juara Dunia Flyweight Paling Dominan di ONE

Sejak saat itu, Adriano Moraes selalu berhasil mempertahankan gelar. Berkat capaian itu pula, dirinya jadi salah satu juara paling dominan di ONE Championship.

Tahun lalu, Adriano Moraes mencetak sejarah dengan jadi orang pertama yang menang KO atas Demetrious Johnson, salah satu petarung terbaik sepanjang masa.

Status sebagai petarung elite dunia makin dikokohkan Adriano Moraes dengan keberhasilan mempertahankan sabuk dari Yuya Wakamatsu di ONE X, Maret lalu.

Adriano Moraes akan menghadapi tantangan kedua dari Demetrious Johnson dalam laga puncak ONE Fight Night 1: Moraes vs. Johnson II.

Pertarungan akbar tersebut akan disiarkan langsung dari Singapore Indoor Stadium saat prime time Amerika Utara dan Kanada, 27 Agustus mendatang.

Berita MMA Lainnya:

Kalahkan Demetrious Johnson, Adriano Moraes Pertahankan Gelar ONE Flyweight

Eko Roni Saputra Prediksi Laga Ok Rae Yoon vs Christian Lee di ONE 160 Sarat Drama

 

  • Sumber: ONE Championship
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    MMA

    Selasa, 19 Juli 2022

    Gelar 4 Kejuaraan Dunia dalam 2 Hari, ONE Championship Siap Cetak Sejarah

    Sejarah akan tercipta dari ajang ONE Championship pada Agustus mendatang.

    MMA

    Sabtu, 23 Juli 2022

    Hasil ONE 159: Kalahkan Vitaly Bigdash, Reinier de Ridder Segel Gelar Juara Dunia Middleweight

    Ajang ONE 159 digelar di Singapore Indoor Stadium pada Jumat (22/7/2022).

    MMA

    Selasa, 26 Juli 2022

    Bahasa Indonesia Dibahas di Podcast Terpopuler di Dunia oleh Atlet ONE Championship, Mikey Musumeci

    Podcast Joe Rogan Experience (JRE) mengundang atlet ONE Championship yang sedang naik daun, Mikey Musumeci dalam episode terbaru.

    Terbaru

    MMA

    Senin, 8 Agustus 2022

    Kisah Perjuangan Demetrious Johnson, Petarung MMA Kelas Dunia yang Dibesarkan Ibu Tuna Rungu

    Banyak hal dilalui Demetrious Johnson sebelum mengukuhkan diri sebagai salah satu petarung MMA terbaik dunia.

    MMA

    Senin, 8 Agustus 2022

    Legenda Jiu-jitsu Brasil Leandro Lo Ditembak di Bagian Kepala, Komunitas MMA Berduka

    Pegulat Brasil Leandro Lo, salah satu petarung jiu-jitsu top dunia dan juara dunia delapan kali dalam seni bela diri, meninggal pada hari Minggu setelah ditembak di kepala oleh seorang pria yang berdebat dengannya di sebuah pesta di Sao Paulo, Brasil.

    MMA

    Minggu, 7 Agustus 2022

    One Pride MMA Fight Night 61: Comeback Manis Suwardi Hingga Keberhasilan Billy Pasulatan Pertahankan Sabuk Strawweight

    One Pride MMA Fight Night 62 'Fight Of Champions' usai dihelat di Tennis Indoor Senayan, Sabtu (6/8/2022).

    MMA

    Jumat, 5 Agustus 2022

    Tendangan Brutal Sepak Bola Mendarat di Pertarungan MMA, Penggemar Murkah

    Penggemar Martial Mixed Arts (MMA) marah pada Daichi Abe. Petarung itu mendaratkan tendangan sepak bola brutal ke lawannya yang sudah ambruk.

    MMA

    Kamis, 4 Agustus 2022

    Petarung yang Ditaklukkan Molly McCann Punya Tato Nama Keluarga di Bokong

    Sikutannya yang luar biasa berakhir dengan kemenangan. Tetapi lawannya, Hannah Goldy, masih memiliki akun OnlyFans yang sukses untuk menghasilkan banyak uang untuk dirinya sendiri.

    MMA

    Rabu, 3 Agustus 2022

    Roberto Soldic Ungkap Alasan Pilih Gabung ONE Championship Ketimbang UFC

    ONE Championship kedatangan petarung baru asal Kroasia, Roberto Soldic.

    MMA

    Senin, 1 Agustus 2022

    Dihajar dengan Lutut, Hidung Petarung Ini Bengkok

    Bintang MMA Blake Perry menderita patah hidung bengkok yang mengerikan setelah berhadapan dengan lutut secara brutal di A1 Combat 4

    MMA

    Minggu, 31 Juli 2022

    Adriano Moraes, Juara Dunia MMA dengan Kisah Masa Kecil yang Kelam

    Sebelum menjadi petarung MMA kelas dunia, Adriano Moraes melewati masa kecil yang penuh kegelapan.

    MMA

    Minggu, 31 Juli 2022

    Julianna Pena Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Bonyok Dihajar Amanda Nunes

    Julianna Pena dilarikan ke rumah sakit setelah kehilangan 'potongan besar' kepala dalam cedera mengerikan dalam kekalahan Amanda Nunes di UFC 277

    MMA

    Jumat, 29 Juli 2022

    Eko Roni Saputra Prediksi Laga Ok Rae Yoon vs Christian Lee di ONE 160 Sarat Drama

    ONE 160 bakal menyajikan perebutan gelar juara ONE Lightweight antara Ok Rae Yoon vs Christian Lee.
    X